-->

Pengertian Doa Menurut Bahasa Istilah Dalam Agama Islam Lengkap

Pengertian Doa Menurut Bahasa Istilah Dalam Agama Islam Lengkap - Tentunya kita sangatlah penting dalam agma islam untuk memahami tentang pengertian doa secara umum atau menurut bahasa dan istilah, karena berdoa dianjurka oleh Alloh SWT dan Alloh lah yang akan mengabulkan atas doa yang kita baca sesuai dengan kehendaknya bukan atas kemauan kita sebagai hambanya.

Sedangkan berdoa itu adalah diperintah oleh Alloh SWT dan akan di kabulkan doa setipa hambanya, oleh karena itu ketika kita punya hajat apa pun baik menyangkut urusan duniawi atau ukhrowi maka segerala meminta kepada Alloh SWT dengan ikhlas dan di iring rasa rendah diri maka dengan janji Alloh doa itu akan di kabulkan sesuai dengan kehendak-Nya, bukan sesuai kemauan kita.

Maka dengan hal seperti itu kami disini ingin berbagi ilmu tentang Pengertian Doa Menurut Bahasa Dalam Agama Islam, supaya kita benar paham hakikat pengertian doa dalam agama yang sesungguhnya, jangan sampai kita berdoa tapi setelah berdoa kita selalu menunggu-nunggu pemberian dari Alloh SWT sesuai dengan yang kita minta, karena Alloh telah berfirman dalam surah am-Mu'min ayat 60 yang Artinya : "berdoalah kamu kepadaku,niscaya kuperkenankan permintaan kamu itu" (AL-mu'min : 60).

Pengertian Doa Menurut Bahasa Istilah Dalam Agama Islam  Lengkap

1. Pengertian Doa.

Ada beberapa ulam yang menjelaskan mengenai “doa” di antaranya adalah sebagai berikut:

-Syaikh Taqiyuddin Subki
Berdoa dapat beristilah sebagai yang lebih khusus dalam beribadah. Artinya adalah barang siapa yang memiliki sifat sombong tidak mau melakukan ibadah, maka sudah pasti tidak mau berdoa

-Abdul Halim Mahmud
Menurut beliau doa dapat di artikan sebagai keinginan terhadap Allah SWT atas apa yang ada pada-Nya dari segala kebaikan dan mengadu terhadap-Nya dengan cara memohon sesuatu

-Muhammad Kamil Hasan al-Mahami
Beliau menjelaskan bahwasanya doa berarti memohon kepada Allah SWT untuk mendapatkan kebaikan-Nya

-Imam at-Thaibi
Beliau mengatakan bahwasanya doa adalah menunjukan sikap manusia yang berserah diri dan membutuhkan Allah SWT, karena pada dasarnya sangat tidak di anjurkan dimana ibadah melainkan untuk berserah diri dan tundduk kepada Allah sang pencipta alam semesta. Jadi, intinya doa ialah suatu permohonan kepada Allah serta bentuk rasa membutuhkan-Nya

-Quraish Shihab
Doa adalah suatu permohonan seorang hamba kepada tuhan-Nya dengn tujuan unutk mendapatkan anugerah pertolongan dan pemeliharaan, baik itu seorang yang memohon atau orang lain yang harus di dasari dari hati yang paling dalam dan di sertai dengan pengagungan kepada-Nya.

2. Tujuan Berdoa
  • Memohon hidup selalu dalam bingbingan Alloh SWT
  • Supaya selamat dunia dan akherat
  • Untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Alloh SWT
  • Meminta perlindungan Alloh SWT  dari syaitan yang terkutuk
3. Waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa
  • Waktu membaca al-Qur'an 
  • Sesudah shalat wajib ( lima waktu)
  • Waktu melaksanakan ibadah haji
  • Waktu berpuasa wajib ( bulan romadlon) dan puasa sunnah
4. Adab atau tatacara berdoa
  • Menghadap qiblat
  • Sebelum berdo'a membaca basmallah, istigpar, dan  hamdalah, seterusnya diikuti shalawat Nabi Muhammad SAW, keluarga serta para shahabatnya.
  • Mengangkat kedua tangan sebelum berdoa dan mengusap muka sesudahnya berdoa
  • Melembutkan suara serta tenang ketika berdoa
  • Khusuk dan Ikhlas
  • Berharap biar doanya diterima oleh Alloh SWT
  • Berdoa berulang-ulang dilain waktu buat menunjukan keseriusan kita supaya di qabulkan oleh Alloh
  • Sesudah berdoa ditutup bersama shalawat dan pujian kepada Alloh SWT

Ketika kita Sedang membaca doa secara berjama'ah biasanya yang membaca doa cukup satu orang yang lainnya mengikuti dengan bacaan Aamiin, karena kata Aamiin juga itu maksudnya sama seperti doa yang sedang dibacakan oleh seorang imam. Kalimah aamiin itu terdiri dari empat hurup dalam bahasa Arab, sebagai mana tertanam dalam sebuah hadits riwayat Anas bin Malik,bahwa Nabi Muhammad saw bersabda :

" Perhatikanlah ketika!!!
Nabi Musa a.s ketika sedang munajat kepada ALLAH swt. Maka ALLAH swt berfirman : " Hai Musa,nanti Aku akan berikan kapada Umat Muhammad saw 4 Huruf :

1. Huruf Pertama dari Kitab Taurat,
2. Huruf Kedua dari Kitab Zabur,
3. Huruf Ketiga dari Kitab Injil,
4. Huruf Keempat dari Kitab Al-Qur'an.

Lalu Nabi Musa bertanya : " Ya Tuhanku, Huruf apakah yang 4 macam itu ?" dan ALLAH swt menjawab:

Ke empat macam Huruf itu adalah Alif,Mim,Ya dan Nun. Yang di singkat menjadi " AaMiiN". Maka barang siapa yang mengucapkan kata AaMiiN maka orang itu seperti membaca 4 buah kitab - kitab yang di sebutkan di atas,yaitu Taurat,Zabur,Injil dan Al-Qur'an.Dan juga salah satu dari yang empat hurup itu masing-masing tertulis

1. Huruf Alif tertulis di Tiang Arsy ALLAH
2. Huruf tertulis di Tiang Kursi,yaitu Huruf Mim.
3. Huruf Ya tertulis di Lauhil Mahfuzh.
4. Huruf Nun tertulis di Batang Qalam.

Maka barangsiapa mengucapkan AaMiiN, maka dengan Izin ALLAH dan dengan Kekuasaan-Nya keempat macam Makhluk itu bergerak dan secara otomatis dapat berkata-kata meminta Ampun ke Hadirat ALLAH Yang Maha Kuasa untuk orang yang mengucapkan AaMiiN itu.

Kemudian ALLAH swt berfirman : " Saksikanlah oleh kamu sekalian pada saat ini benar - benar Aku telah mengampuni Dosa hambaku,karena memang sifatku Yang Maha Pengampun.

Adapun cara yang paling baik untuk mengucapkannya ialah suara "A" harus dibaca panjang dan suara "Min" pun harus di baca Panjang,misalnya " AaMiiN".

1. ”AMIN” (alif dan mim sama-sama pendek), artinya Aman, Tentram
2. “AAMIN” (alif panjang dan mim pendek), artinya Meminta perlindungan keamanan
3. ”AMIIN” (alif pendek dan mim panjang), artinya Jujur terpercaya
4. “AAMIIN” (alif dan mim sama-sama panjang), artinya Ya Alloh Kabulkanlah permintaan kami

Kalau didalam bahasa Arab, Kalimah Aamiin termasuk Isim fill Amr yaitu isim yang mengandung pekerjaan.Sebagai maqna Para Ulama Jumhur mengartikannya dengan ‘Allahummas istajib’ (Ya Allah ijabahlah) Makna inilah yang paling kuat kalau dibanding dengan makna yang lainnya. Seperti ucapan ‘Aamiin adalah salah satu nama dari Asma Allah.

Teman-teman seiman dan seperjuangan yang saya banggakan, itulah yang dapat saya sampaikan tentang Pengertian Doa Menurut Bahasa Dalam Agama Islam semoga ada manfaatnya bagi kita semua.Baca juga  artikl kami pengertian iman islam dan ihsan, pengertian dzikir secara bahasa, bacaan syahadat dan masih banyak lagi yang lainnya maanya terus saja update di alamat kami ini; islamianews.com

Advertisement