Bacaan Niat Puasa Dan Doa Buka Puasa Ramadhan

Advertisement
Advertisement
Bacaan Niat Puasa Dan Doa Buka Puasa Ramadhan - Puasa ramadhan adalah merupakan puasa wajib bagi umat Islam yang sudah balig dan memiliki akal sempurna di laksanakan hanya setahun sekali dalam satu bulan, maka barang siapa yang tidak melaksanakannya maka orang tersebut akan mendapatan dosa.

Puasa ramadhan termasuk ibadah yang mana ibadah itu syah atau tidaknya tergantung pada niat, jadi niatlah yang bisa membedakan antara adat dan ibadah dan hukum niat dalam melaksanakan ibadah itu adalah wajib, maka barang siapa yang lupa atau sengaja tidak membaca niat maka ibadhnya tidak syah.

Adapun waktunya niat adalah berbarengan dengan pelaksanaan ibadah, terkecuali pada ibadah puasa wajib seperti puasa ramadhan, karena niat puasa ramadhan harus di bacakan pada waktu malam padahal waktu puasa adalah dari mulai keluar fajar shidik sampai terbenamnya mata hari.

Bacaan Niat Puasa Dan Doa Buka Puasa Ramadhan

Nah barang siapa yang masih belum fahan bacaan niat puasa dan bacaan doa buka puasa ramadhan maka kami di sini akan menyajikannya dengan tulisan bahasa arab, lati dan artinya seperti di bawah ini:

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Arab Latin Dan Artinya.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى


NAWAITU SHAUMA GHODIN 'AN ADAA'I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA'ALA

Artinya :Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Arab Latin Dan Artinya.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ


ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

Artinya :Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Bisa juga dengan lafadz/Bacaan:

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ


Dzahaba-dz Dzoma’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah

Artinya :Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.

Doa ini di ambil dari hadits Rosululloh SAW:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ


Artinya : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila beliau berbuka, beliau membaca: “Dzahaba-dz Dzama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah” (HR. Abu Daud 2357, Ad-Daruquthni dalam sunannya 2279, Al-Bazzar dalam Al-Musnad 5395, dan Al-Baihaqi dalam As-Shugra 1390. Hadis ini dinilai hasan oleh Al-Albani).

Itulah yang dapat kami sajikan bacaan niat puasa dan doa buka puasa ramadhan arab latin lengkap dengan artinya, seperti sebelumnya kami telah memberikan pengertian puasa ramadhan dan jadwal imsakiyah ramadhan dan bulan-bulan yang lainnya. Semoga dengan adanya artikel kami ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Advertisement