-->

Bacaan Doa Buka Dan Niat Sebulan Puasa Ramadhan Yang Benar

Bacaan Niat Puasa Dan Doa Buka Puasa Ramadhan - Bacaan niat puasa ramadhan atau mengganti puasa nazar harus dilakukan pada waktu malam hari termasuk bagian dari rukun yang benar shahih bahasa arab, latin, jawa lengkap dengan artinya dan bagai mana bila mana kesiangan lupa tidak membaca niat apa say artau tidak.

Ramadhan tiba tentunya bagi umat islam sudah siap melaksanakan ibadah puasa sebulan lamanya dengan niat puasa yang tulus karena Alloh hanya melaksanakan tugas kewajiban kita sebagai umat islam, maka untuk itu mari kita persiapkan untuk menghapal bacaan atau lafadz niat puasa terutama bagi yang masih belum hafal atau karena kita mungkin lupa lagi, karena puas ramadhan di laksanakan hanya setahun sekali.

Puasa ramadhan termasuk ibadah, yang mana ibadah itu syah atau tidaknya tergantung pada niat, jadi niatlah yang bisa membedakan antara adat dan ibadah dan hukum niat dalam melaksanakan ibadah itu adalah wajib, maka barang siapa yang lupa atau sengaja tidak membaca niat maka ibadhnya tidak syah.

Bacaan Doa Buka Dan Niat Sebulan Puasa Ramadhan  Yang Benar

Adapun waktunya niat adalah berbarengan dengan pelaksanaan ibadah, terkecuali pada ibadah puasa wajib seperti puasa ramadhan, karena niat puasa ramadhan harus di bacakan pada waktu malam padahal waktu puasa adalah dari mulai keluar fajar shidik sampai terbenamnya mata hari.

Nah barang siapa yang masih belum fahan bacaan niat puasa dan bacaan doa buka puasa ramadhan maka kami di sini akan menyajikannya dengan tulisan bahasa arab, lati dan artinya seperti di bawah ini:

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Arab Latin Dan Artinya.


Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Arab Latin Dan Artinya.


Bisa juga dengan lafadz/Bacaan:


Doa ini di ambil dari hadits Rosululloh SAW:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Artinya : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila beliau berbuka, beliau membaca: “Dzahaba-dz Dzama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah” (HR. Abu Daud 2357, Ad-Daruquthni dalam sunannya 2279, Al-Bazzar dalam Al-Musnad 5395, dan Al-Baihaqi dalam As-Shugra 1390. Hadis ini dinilai hasan oleh Al-Albani).

Itulah yang dapat kami sajikan bacaan niat puasa dan doa buka puasa ramadhan arab latin lengkap dengan artinya, seperti sebelumnya kami telah memberikan pengertian puasa ramadhan niat puasa nisfu sya'ban dan jadwal imsakiyah ramadhan, bacaan sholat, sholawat nabi, rukun iman dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga dengan adanya artikel kami ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Advertisement